Tips

Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Tetap Sehat

Kehamilan perlu dijaga dengan baik dan harus sangat hati-hati, oleh karena itulah ibu hamil dilarang untuk melakukan kegiatan yang berlebihan dan bisa membahayakan kandungan. Termasuk juga dilarang untuk mengkonsumsi makanan tersebut yang dapat membuat ibu dan bayi bermasalah. Selain itu, ibu hamil juga akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan sehat. Ada banyak jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi agar dapat mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil. Karena ibu hamil membutuhkan gizi mulai dari kalsium, lemak sehat, asam folat, karbohidrat, serat, hingga vitamin untuk membuat kondisi kehamilan tetap sehat. Adapun berbagai jenis makanan yang perlu dikonsumsi selama kehamilan yang mempunyai gizi yang dibutuhkan antara lain:

  1. Gandum atau Nasi Merah
Nasi Merah - AkuMasak
Nasi Merah – AkuMasak

Jenis makanan pertama yang perlu dikonsumsi untuk ibu hamil adalah gandum ataupun nasi merah. Nasi putih memang dikenal kurang sehat untuk dikonsumsi bahkan sebelum kehamilan. Akan tetapi apabila ingin menjaga kehamilan lebih baik maka bisa menghindari nasi putih dan menggantinya dengan bahan lain. Karena ibu hamil tetap membutuhkan karbohidrat yang cukup, maka bisa menggantinya dengan gandum atau nasi merah yang lebih sehat. Gandum juga mempunyai kandungan serat, vitamin E, dan selenium sehingga baik untuk perkembangan janin.

  1. Ubi
Ubi - AkuMasak
Ubi – AkuMasak

Jenis makanan selanjutnya yang baik sebagai makanan sehat untuk ibu hamil adalah ubi. Bahan ini mudah didapatkan dan juga mempunyai harga terjangkau. Sehingga bisa menjadi bahan favorit untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Ubi merupakan bahan yang kaya serat sehingga mendapatkan gizi yang dibutuhkan. Selain itu ubi juga mengandung potassium, vitamin B, vitamin C, dan beta karoten. Sehingga kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk membantu perkembangan mata, tulang, hingga kulit bayi. Ubi bisa dimasak menjadi berbagai menu yang bisa dipilih sesuai selera.

  1. Kacang-kacangan

Bahan selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil adalah kacang-kacangan. Bahan ini akan sangat baik bagi ibu hamil yang mempunyai masalah pencernaan. Sehingga akan membuat lebih mudah untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan yang terjadi seperti wasir dan susah BAB. Kacang-kacangan mempunyai kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu bahan ini juga mengandung folat, zat besi, zat kalsium, hingga seng yang akan bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Ibu hamil bisa mengkonsumsi bahan kacang-kacangan yang diolah menjadi makanan yang sehat agar menjaga kehamilan tidak bermasalah.

  1. Daging dan Telur
Telur Rebus - AkuMasak
Telur Rebus – AkuMasak

Bahan selanjutnya yang bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil adalah daging dan telur. Akan tetapi apabila memilih daging tidak boleh sembarangan, tetapi pilih daging tanpa lemak. Daging jenis ini akan membantu untuk memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan saat kehamilan. Daging juga mempunyai kandungan vitamin B12 dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan otak bayi. Sedangkan telur kaya akan kolin yang bisa untuk mencegah bayi lahir cacat.

  1. Ikan Salmon
Salmon - AkuMasak
Salmon – AkuMasak

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena bisa menjaga kesehatan kehamilan adalah ikan salmon. Ikan salmon mempunyai kandungan asam lemak omega-3 dan protein. Sehingga bisa untuk membantu perkembangan otak janin lebih baik. Selain itu dengan mengkonsumsi ikan salmon selama kehamilan juga dapat mengurangi resiko neurologis yang bisa diderita anak di masa depan.

  1. Brokoli
Broccoli – AkuMasak

Sayur memang dikenal sebagai bahan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Termasuk juga bagi ibu hamil yang harus menjaga kesehatannya selama kehamilan. Salah satu sayur yang dapat dikonsumsi dan sangat baik bagi ibu hamil adalah brokoli. Bahan ini mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kehamilan. Dimana brokoli mempunyai kandungan zat besi, kalsium, hingga asam folat yang sangat berguna bagi ibu hamil. Zat besi akan memberikan manfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Sedangkan folat akan dapat melindungi bayi lebih baik agar tidak terkena kelainan tulang belakang hingga cacat tabung syaraf.

  1. Pisang
Pisang - AkuMasak
Pisang – AkuMasak

Selain sayuran, buah-buahan juga perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Akan tetapi tidak sembarangan buah-buahan yang bisa menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Justru juga ada buah yang perlu dihindari selama masa kehamilan. Sedangkan untuk buah yang baik untuk ibu hamil adalah pisang. Pisang mempunyai kandungan vitamin B6 yang dapat membantu perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil.

  1. Susu dan Produk Turunannya
Susu - AkuMasak
Susu – AkuMasak

Bahan terakhir yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil adalah susu dan produk turunannya. Ibu hamil bisa untuk mengkonsumsi banyak air saat kehamilan. Selain itu untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi susu. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu hingga yogurt yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

Berbagai makanan sehat untuk ibu hamil di atas adalah yang akan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sehingga akan bisa mendapatkan manfaatnya seperti dapat mencegah anemia, mengurangi pembengkakan yang terjadi, hingga dapat mengurangi resiko bayi yang lahir cacat. Oleh karena itulah ibu hamil sangat penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar memenuhi gizi yang dibutuhkan saat kehamilan. Yuk, kunjungi AkuMasak untuk resep masakan, wisata kuliner, dan tips masakan terupdate!

Tim AkuMasak

“Memasak melibatkan banyak indera. Ia dibuat untuk mata, mulut, hidung, telinga, dan jiwa. Tidak ada seni lain yang serumit ini.”- Pierre Gagnaire

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button