Wisata Kuliner

Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba Saat Kulineran!

Semarang dikenal juga sebagai ibukota Jawa Tengah yang mana bisa menjadi salah satu tempat wisata pilihan. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Semarang mulai dari Gereja Bleduk yang masih berada di komplek Kota Lama, selain itu juga ada Simpang Lima, Tugu Muda, dan tidak lupa gedung yang terkenal yaitu Lawang Sewu. Selain mengunjungi berbagai tempat yang populer, kamu juga sebaiknya jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Semarang apabila berkunjung ke kota ini. Semarang mempunyai banyak sekali tempat makan yang terkenal dan juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Seperti yang terkenal adalah Brandeng Presto, Wingko Babat, dan lainnya. Selain itu ada juga makanan yang harus dicoba di tempat seperti beberapa diantaranya adalah:

  1. Soto Bangkong
Soto Bangkong. Sumber: Tribun
Soto Bangkong. Sumber: Tribun

Jenis kuliner Semarang pertama yang bisa dicoba adalah Soto Bangkong. Kuliner ini sangat legendaris di wilayah Semarang dan sudah ada semenjak tahun 1950-an. Bangkong sendiri merupakan kata yang dikenal dengan luas sebagai katak yang berukuran besar. Akan tetapi bagi yang tidak bisa makan katak bisa tenang, karena soto ini bukan berbahan katak. Soto bangkong khas Semarang ini berbahan dasar ayam. Sehingga bisa dinikmati oleh semua orang termasuk yang tidak doyan katak. Bangkong sendiri merupakan daerah jalan tempat warung yang menjualnya. Soto bangkong ini sendiri berisi irisan tomat, tauge, bihun, bawang merah, dan bawang putih dan menggunakan daging ayam kampung.

  1. Kue Leker Paimo
Kue Leker Paimo. Sumber: Kabar Kuliner
Kue Leker Paimo. Sumber: Kabar Kuliner

Makanan khas Semarang selanjutnya yang bisa dicoba adalah Kue Leker Paimo. Kuliner ini berada di depan SMA Loyola dan buka setiap hari kecuali hari minggu. kamu bisa datang untuk mencicipinya yang buka dari jam 11 siang hingga 5 sore. Leker ini sendiri mempunyai harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari seribu hingga 16 ribu saja. kamu bisa memilih leker yang mempunyai berbagai variasi rasa. Mulai dari leker tuna, sosis, jagung, telur, hingga keju mozarella.

  1. Babat Gongso
Babat Gongso
Babat Gongso

Apabila kamu ke Semarang juga akan mudah untuk mendapatkan tempat makan yang menjual gongso. Ada banyak varian gongso yang bisa dipilih seperti gongso ayam hingga gongso babat. Adapun untuk babat gongso merupakan gongso yang terbuat dari daging. Bagi kamu yang ingin mencoba babat gongso bisa mencoba kuliner yang legendaris yaitu di Babat Gongso Pak Karmin. Tempat makan tersebut sudah berdiri sejak 1971 dan bisa ditemukan di Jalan Pemuda, tepatnya berada di dekat Jembatan Mberok Kota Lama.

  1. Tahu Gimbal
Tahu Gimbal. Sumber: Tribun
Tahu Gimbal. Sumber: Tribun

Makanan selanjutnya yang merupakan khas dari daerah Semarang adalah Tahu Gimbal. Makanan ini merupakan makanan orisinil dan otentik yang wajib dicoba bagi yang berkunjung ke Semarang. kamu juga akan mudah untuk menemukan penjual Tahu Gimbal, mulai dari di pinggir jalan hingga di restoran. Salah satu tempat untuk makan tahu gimbal yang bisa dipilih misalnya adalah Tahu Gimbal Pak Man. Seporsi makanan ini hanya 20 ribuan dan mempunyai rasa bumbu kacang dan bawang putih yang kuat.

  1. Nasi Gandul
Nasi Gandul. Sumber: Taste Made
Nasi Gandul. Sumber: Taste Made

Makanan khas Semarang selanjutnya yang bisa dicoba adalah Nasi Gandul. Makanan ini juga bisa dijumpai di Semarang. Akan tetapi untuk asalnya sendiri adalah salah satu daerah di Jawa Tengah, yaitu kota Pati. kamu bisa untuk mencoba nasi gandul yang ada di Semarang di Warung Nasi Gandul Pak Memed. Nasi Gandul sendiri merupakan nasi yang disajikan dengan piring daun pisang. Untuk lauknya kamu bisa memilih mulai dari kikil, lidah, babat, paru, otak sapi, dan juga lainnya.

  1. Lumpia
Lumpia. Sumber: Detik
Lumpia. Sumber: Detik

Apabila ke Semarang tentu saja tidak afdol apabila belum mencoba kuliner yang paling khas yaitu Lumpia Semarang. Karena mempunyai aroma yang sangat tajam, sebaiknya kamu bisa mencicipi kuliner ini di tempat. Akan tetapi ada juga kuliner yang bisa dibawa pulang dalam keadaan mentah dan bisa digoreng di rumah. Lumpia paling terkenal yang bisa dipilih adalah Lumpia Gang Lombok. Untuk jenis lumpia biasanya mempunyai isi wortel, kentang, mi soun, irisan rebung, telur kocok, dan juga udang. Selain itu lumpia dari tempat tersebut juga mempunyai ukuran yang besar, sehingga akan bisa membuat kenyang lebih tahan lama.

  1. Ayam Bumbu Bali
Ayam Bumbu Bali. Sumber: Yummy
Ayam Bumbu Bali. Sumber: Yummy

Makanan khas Semarang yang wajib dicoba apabila di Semarang adalah Ayam Bumbu Bali. Makanan ini merupakan suwiran ayam yang dimasak menggunakan irisan bumbu bawang putih, bawang merah, dan juga cabai. Makanan ini merupakan kesukaan bagi banyak mahasiswa yang ada di Semarang. Sehingga untuk menemukan makanan ini bisa datang ke burjo yang merupakan tempat tongkrong mahasiswa. Salah satu ayam bumbu bali legendaris yang harus dicoba adalah yang berada di Tembalang, tepatnya di Burjo Motekar.

Berbagai kuliner di atas merupakan makanan khas Semarang yang wajib untuk dicoba. Sehingga apabila berkunjung ke Semarang kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang lengkap. Karena kota ini juga mempunyai kuliner yang tidak kalah dan mempunyai rasa enak yang sayang untuk dilewatkan. Untuk melengkapi perjalanan kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Semarang seperti tahu bakso hingga bandeng presto. Yuk, kunjungi AkuMasak untuk resep masakan, wisata kuliner, dan tips masakan terupdate!

Tim AkuMasak

“Memasak melibatkan banyak indera. Ia dibuat untuk mata, mulut, hidung, telinga, dan jiwa. Tidak ada seni lain yang serumit ini.”- Pierre Gagnaire

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button