Wisata Kuliner

Daftar Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba

Apabila kamu berkunjung ke suatu daerah, maka ada banyak hal yang bisa untuk ditelusuri. Selain ke daerah wisata seperti pantai, ada juga berbagai wisata lainnya yang perlu untuk dijelajahi. Sehingga nantinya mendapatkan paket pengalaman yang lengkap dan juga bisa menambah pengetahuan. Termasuk kamu juga harus menjelajahi kuliner khas di daerah tersebut. Sepeerti misalnya kota Cirebon sendiri pun memiliki banyak sekali makanan khas kulinernya. kamu juga perlu untuk menjajal berbagai makanan khas Cirebon. Karena daerah ini juga mempunyai makanan khas dengan cita rasa yang unik dan menarik. Adapun untuk berbagai kuliner yang tidak boleh untuk dilewatkan ketika berkunjung ke daerah Cirebon, antara lain:

  1. Nasi Jamblang
Nasi Jamblang. Sumber: IDN
Nasi Jamblang. Sumber: IDN

Wisata kuliner khas dari daerah Cirebon yang pertama adalah nasi jamblang. Dimana nasi sendiri merupakan makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada umumnya nasi mempunyai bungkus dengan daun pisang. Akan tetapi untuk nasi jamblang khas Cirebon ini mempunyai keunikan karena dibungkus menggunakan daun jati. Sehingga hal tersebut juga akan menambah citarasa yang unik dari nasi yang merupakan kuliner khas dari daerah di pantai utara Jawa ini. Nasi jamblang ini biasanya disajikan dengan beberapa lauk yang bisa dipilih. Seperti tahu, tempe, ayam goreng, cumi hitam tumis, hingga paru goreng. Sehingga bisa memilih lauk yang sesuai selera dan disajikan dengan daun jati sebagai bungkusnya.

  1. Sego Lengko
Sego Lengko. Sumber: Merdeka
Sego Lengko. Sumber: Merdeka

Makanan khas Cirebon lainnya juga masih berbahan dasar nasi. Sego merupakan nama lain dari nasi. Sehingga Sego Lengko sendiri juga bisa diartikan sebagai Nasi Lengko. Dimana untuk nasi lengko ini mempunyai beberapa taburan yang ada di datasnya. Seperti ditabur dengan tempe, tahu, mentimun, dan juga tauge rebus. Keistimewaan dari makanan khas ini adalah dengan siraman bumbu kacang dan kecap manis. Sehingga hal tersebut akan mempunyai citarasa nasi yang tidak biasa. Untuk melengkapi rasanya, nasi ini juga diberi bawang goreng dan potongan daun kucai.

  1. Mie Koclok
Mie Koclok. Sumber: Tempo
Mie Koclok. Sumber: Tempo

Jenis makanan selanjutnya yang bisa dicoba ketika berada di Cirebon adalah mie koclok. Bagi kamu yang penikmat mie bisa untuk memilih makanan khas dari bahan dasar mie ini. Mie ini wajib dicicipi karena akan mempunyai cita rasa yang unik. Dimana olahan mie ini mempunyai topping yang istimewa yaitu irisan telur rebus, tauge rebus, daging ayam, dan siraman kuah kental.

  1. Empal Gentong dan Empal Asam
Empal Gentong. Sumber: Resep Istimewa
Empal Gentong. Sumber: Resep Istimewa

Makanan khas Cirebon yang legendaris dan wajib dicoba adalah empal gentong. Makanan ini sudah tidak asing dan menjadi makanan paling khas yang ada di daerah Cirebon. Sehingga apabila kamu berkunjung ke Cirebon perlu untuk menikmati empal gentong yang lezat. Kuliner ini dimasak menggunakan tanah liat dan kayu bakar sehingga akan memberikan cita rasa yang kuat dan lezat. Sedangkan untuk empal asam adalah empal lainnya yang bisa dicoba selain empal gentong. Rasa asam dari makanan ini sendiri dari belimbing wuluh sehingga membuat citarasa asam yang segar.

  1. Tahu Gejrot
Tahu Gejrot. Sumber: Pinterest
Tahu Gejrot. Sumber: Pinterest

Apabila di Semarang mempunyai Tahu Gimbal, di Cirebon kamu tidak boleh ketinggalan untuk mencoba makanan khas Cirebon yang berasal dari Tahu yaitu Tahu Gejrot. Makanan ini merupakan jenis jajanan di pinggir jalan yang mudah untuk ditemui. Tahu Gejrot sendiri berbahan dasar tahu yang digoreng. Kemudian diberi bumbu menggunakan gula merah, bawang putih, cabagi, dan juga bumbu lainnya. Berbagai bumbu tersebut dicampurkan kemudian ditumbuk menggunakan cobek. Sehingga membuat citarasa makanan ini mempunyai rasa unik dan juga lezat.

  1. Pedesan Entog
Pedesan Entog. Sumber: Kumparan
Pedesan Entog. Sumber: Kumparan

Jenis kuliner selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah pedesan entog. Kuliner ini mempunyai rasa cita yang unik dan juga sangat cocok bagi kamu yang mempunyai kuliner pedas. Seperti namanya, Entog sendiri merupakan salah satu jenis unggas yang mirip dengan bebek. Sehingga bagi kamu yang juga menyukai daging entog juga sangat cocok untuk memilih kuliner yang satu ini. Pedasan Entog mempunyai arti Entog yang pedas karena entog tersebut disiram menggunakan kuah yang pedas. Sehingga bagi pecinta kuliner pedas jangan lupa untuk menikmati Pedesan Entog ketika berada di Cirebon. kamu bisa menyantap makanan ini dengan nasi putih hangat sehingga menambah kenikmatan.

  1. Growolan dan Gadungan
Growolan. Sumber Toko Mami

Jenis kuliner selanjutnya yang khas dari daerah Cirebon adalah Growolan. Kuliner ini adalah makanan ringan dari bahan gaplek dan parutan kelapa. kamu bisa menemui kuliner ini terutama di daerah yang menjual oleh-oleh khas Cirebon. Selain itu ada juga Gadungan yang juga merupakan jajanan khas dari kota Cirebon. Makanan ini terbuat dari singkong dan parutan kelapa dengan cita rasa yang manis.

Berbagai makanan di atas wajib dicoba bagi kamu yang berkunjung ke kota Cirebon. Selain itu juga ada makanan khas Cirebon yang bisa menjadi oleh-oleh seperti growolan dan gadungan. Sehingga bisa untuk diberikan kepada teman atau keluarga di rumah. Selain oleh-olehnya, kamu juga bisa menikmati berbagai masakan yang mempunyai cita rasa yang khas dan unik dari kota ini. Yuk, kunjungi AkuMasak untuk resep masakan, wisata kuliner, dan tips masakan terupdate!

Tim AkuMasak

“Memasak melibatkan banyak indera. Ia dibuat untuk mata, mulut, hidung, telinga, dan jiwa. Tidak ada seni lain yang serumit ini.”- Pierre Gagnaire

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button