Wisata Kuliner

13 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba Saat Melancong ke Kota Kembang Ini

Bandung merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan sebutan Paris van Java. Menawarkan banyak sekali daya tarik mulai diantaranya wisata belanja, keindahan alam sampai dengan yang tak kalah menariknya adalah wisata kulinernya. Mencoba makanan khas Bandung ini sangat penting untuk kamu lakukan sebagai pelengkap liburan kamu di kota kembang ini karena belum lengkap rasanya ke Bandung tanpa mencoba makanan khasnya tersebut, mulai dari hidangan berat sampai dengan aneka macam cemilan atau makanan ringan.

Berikut ini diantaranya ada beberapa menu makanan khas Kota Kembang yang wajib untuk dicoba, antara lain:

  1. Seblak
Seblak - AkuMasak. Sumber: Cookpad
Seblak – AkuMasak. Sumber: Cookpad

Belakangan ini seblak memang tengah naik daun karena populer dimana-mana. Terbuat dari bahan dasar kerupuk yang dimasak dengan cara direbus dengan beragam jenis bumbu lain. Keistimewaannya sendiri ditambah dengan beragam jenis topping mulai dari ayam, ceker, bakso, sosis dan sebagainya. Seblak ini sendiri juga memiliki 2 jenis varian yang berbeda, yaitu seblak kering dan seblak basah.

  1. Mie Kocok
Mie Kocok - AkuMasak. Sumber: Kompas
Mie Kocok – AkuMasak. Sumber: Kompas

Mie kocok Bandung memang sangat terkenal dimana-mana, bahkan juga sampai ke luar kota. Olahan dari mie yang satu ini dilengkapi dengan beragam jenis bahan lain, mulai diantaranya adalah sayuran dan juga kikil sapi, sehingga membuat rasanya semakin nikmat. kamu bisa menjumpainya di sepanjang jalan sampai dengan rumah makan besar dengan harga terjangkau.

  1. Mochi Es Krim
Es Krim Mochie - AkuMasak. Sumber: Selerasa
Es Krim Mochie – AkuMasak. Sumber: Selerasa

Makanan khas Bandung ini menjadi salah satu yang cukup hits beberapa waktu belakangan. Yaitu perpaduan antara mochi dari Jepang dengan isian diganti dengan es krim. Tersedia beragam varian rasa yang dapat dipilih sesuai dengan selera, seperti diantaranya coklat, strawberry, durian, atau pun green tea.

  1. Bandros
Bandros - AkuMasak. Sumber: Ngidam
Bandros – AkuMasak. Sumber: Ngidam

Makanan ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu yang diadoni menggunakan santan kelapa, setelah itu dimasak di atas cetakan berbentuk cekung. Setelah matang nantinya akan disajikan dengan kelapa parut, sehingga rasanya sendiri cenderung gurih manis. Satu saja tentunya tak akan cukup, apalagi dengan ukurannya yang terbilang kecil.

  1. Ulukutek Leunca
Ulukutek Leunca - AkuMasak. Sumber: Cookpad
Ulukutek Leunca – AkuMasak. Sumber: Cookpad

Jika kamu datang ke rumah makan Sunda pastinya sudah tidak begitu asing dengan hidangan yang satu ini. Terbuat dari bahan dasar oncom yang dipadukan dengan beberapa jenis bahan. Umumnya untuk tingkat kepedasan juga dapat disesuaikan dengan selera. Rasanya gurih dan renyah di mulut, cocok disantap dengan nasi putih hangat.

  1. Cireng
Cireng - AkuMasak
Cireng – AkuMasak

Cireng memang sudah lama dikenal sebagai makanan khas dari Bandung. Namun semakin kesini popularitasnya juga jadi semakin tinggi apalagi juga tersedia varian frozen yang nantinya dapat bertahan lama, bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan khas Bandung ini dibuat dari bahan dasar tepung kanji yang dicampur dengan bumbu-bumbu khasnya kemudian direbus dan digoreng, paling nikmat disajikan dengan bumbu rujak.

  1. Nasi Kalong
Nasi Kalong - AkuMasak. Sumber: Kulinerindonesia
Nasi Kalong – AkuMasak. Sumber: Kulinerindonesia

Keunikan dari hidangan yang satu ini adalah hanya dijumpai pada malam hari saja. Makanan ini tidak menggunakan nasi putih sebagai bahan dasar, melainkan dengan nasi merah yang sudah dibumbui terlebih dahulu untuk meningkatkan cita rasanya. Belum lagi dengan sajian lauk pauknya seperti ayam goreng madu, tumis buncis dan sejenisnya.

  1. Nasi Timbel
Nasi Timbel - AkuMasak. Sumber: Sahabatufs
Nasi Timbel – AkuMasak. Sumber: Sahabatufs

Banyak restoran Sunda yang menawarkan menu yang satu ini. Keunikan dari nasi timbel tak lain adalah dihidangkan dengan menggunakan daun pisang. Nasi putih hangat yang nantinya dapat disantap dengan beragam jenis lauk pauk, mulai diantaranya tahu tempe goreng, sambal dan juga lalapan, pastinya hal ini akan memanjakan lidah kamu.

  1. Lotek Macan
Lotek Macan - AkuMasak. Sumber: Ayobandung
Lotek Macan – AkuMasak. Sumber: Ayobandung

Lotek ini dibuat dari beragam jenis sayuran yang nantinya akan disiram menggunakan bumbu kacang. Sangat mirip dengan pecel, apalagi jika seandainya disantap menggunakan nasi putih. Termasuk dalam hidangan yang sehat karena kaya akan serat dan juga vitamin. Sebagai pelengkap nantinya akan ditambahkan dengan kerupuk bawang.

10. Surabi

Surabi - AkuMasak. Sumber: Merahputih
Surabi – AkuMasak. Sumber: Merahputih

Makanan yang satu ini cukup terbilang populer juga di kota-kota lain. Makanan khas Bandung ini terbuat dari tepung sebagai bahan utamanya, lalu dimasak menggunakan alat khusus yang terbuat dari tanah liat yang berbentuk seperti tempat penggorengan atau seperti piring. Untuk toppingnya sendiri sangat bervariasi, mulai dari pisang, keju, coklat, dll. Namun untuk originalnya sendiri hanya menggunakan parutan kelapa.

  1. Tahu Susu
Tahu Susu - AkuMasak. Sumber: IDN Times
Tahu Susu – AkuMasak. Sumber: IDN Times

Tahu ini memiliki tekstur yang sangat lembut seperti susu dan juga rasa yang gurih. Sangat tepat bagi kamu yang memang menyukai aneka olahan dari bahan dasar kedelai. Apalagi sekarang ini juga tersedia varian lain yaitu dengan mentega. Harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan tahu pada umumnya. Namun untuk rasanya, tentu saja lebih nikmat dibanding tahu biasa pada umumnya.

  1. Gepuk
Gepuk - AkuMasak. Sumber: Doyanresep
Gepuk – AkuMasak. Sumber: Doyanresep

Terbuat dari irisan daging sapi yang direbus hingga empuk yang selanjutnya dipukul-pukul atau istilahnya adalah digepuk sehingga rasanya juga menjadi lembut, setelah itu ditambah dengan beragam jenis bumbu dan digoreng menggunakan sedikit minyak. Rasanya nikmat sehingga bisa meningkatkan nafsu makan kamu.

  1. Tutut Bandung
Tutut Bandung - AkuMasak. Sumber: Kompas
Tutut Bandung – AkuMasak. Sumber: Kompas

Agak sulit untuk menemui kuliner yang satu ini, mengingat sekarang ini keberadaan bahan dasarnya sendiri yaitu tutut juga sudah cukup langka. Tutut adalah keong yang biasanya dijumpai di persawahan, umumnya dimasak menggunakan bumbu pedas untuk menghilangkan rasa amisnya.

Itulah setidaknya beberapa jenis makanan khas Bandung yang wajib dicoba ketika berkunjung kesana. Yuk, kunjungi AkuMasak untuk resep masakan, wisata kuliner, dan tips masakan terupdate!

Tim AkuMasak

“Memasak melibatkan banyak indera. Ia dibuat untuk mata, mulut, hidung, telinga, dan jiwa. Tidak ada seni lain yang serumit ini.”- Pierre Gagnaire

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button